NativeScript

Pada tanggal 5 maret 2015 kemarin baru saja resmi diluncurkan sebuah framework yang dapat membuat mobile aplikasi secara native untuk iOS, Android dan bahkan Windows Phone dari satu bahasa pemrograman saja, yaitu javascript.

Oh iya, ini bukan seperti phonegap/cordova yang memakai webview yang kalian pasti sudah banyak tahu dan lebih dikenal dengan hybird app, NativeScript hasil akhirnya benar - benar native aplikasi seperti kalian mengerjakan dengan objective-c atau java. Perbedaannya kalian cuma perlu satu bahasa pemrograman yaitu javascript.

Untuk saat ini NativeScript baru support untuk Android 4.2 ke atas dan iOS 7.1 ke atas.

Hmmm...sebagian developer berpikir jika membuat mobile aplikasi yang cross platform dengan satu kodingan (seperti yang diterapkan dicordova/phonegap) adalah sesuatu kesalahan, mereka berpikir kalau UX pada tiap platform akan berbeda, maka logik kodenya pun harus berbeda.
Dan di NativeScript Anda tetap bisa membuat logic kodingan yang berbeda untuk tiap platformnya. Kalian bisa membedakannya dengan menambahkan extension pada file javascript kalian agar dapat terbaca pada spesifik platform.
*.ios.js, *.android.js, *.windows.js

Dan untuk UInya menggunakan XML, yang biasa digunakan untuk aplikasi native pada umumnya, dan CSS untuk stylingnya.

Saya sebagai web developer, sangat excited dengan kehadiran NativeScript karena dapat menjawab kekurangan2 yang ada dalam hybrid app

source: nativescript.org

Cendekia P Putra

< Software Developer /> | @cendekiapp | me@cendekiapp.com

Jakarta, Indonesia http://cendekiapp.com